Senin, 21 Januari 2013

Perbedaan itu Indah

Percakapan Singkat antara saya dan murid saya di Facebook, anggap saja namanya Ahmad (nama samaran).

Ahmad : kakak...

Saya : Iya

Ahmad : Hari selasa kakak yang ngajar?

Saya : Hari selasa pemilu de jadi tidak sekolah. nanti hari sabtu ya?

Ahmad : Hahahaha iya ya.... Lupa

Saya : Hehehehe saking semangatnya mau belajar lupa kalau hari selasa libur. hm,, oya Kemarin teman sekelompoknya siapa namanya (Sambil mengingat kejadian di kelas kemarin, Sabtu 19 Januari 2013)

Ahmad : Saya tidak punya teman sekelompok kemarin kak cuma sendiri

Saya : Tapi sebelumnya ada kan?

Ahmad : Oh yang itu kak Ayu (nama samaran), dia tidak mau kak?

Saya : Kenapa? kok tidak kompakan, tidak baikan ya?

Ahmad : Saya memang begitu kak, saya tidak bisa bersama dengan orang yang tidak sepaham dengan saya

Saya: Oh.. Gitu. Ahmad suka pelangi tidak?

Ahmad : Lumayan Kak

Saya : Kenapa suka dek? apa yang menarik pada pelangi?

Ahmad : Karena warnanya Kak

Saya : Seandainya pelangi cuma punya satu warna masih menarik tidak?

Ahmad : Tidak Kak

Saya : Nah sama dengan permasalahannya ade jika  kita hanya mau berteman dengan orang yang sepemahaman dengan kita maka hidup kita tidak menarik

Ahmad : Betul juga, nanti saya coba kak

Saya : Hidup itu saling melengkapi de karena manusia diciptakan dengan berbagai keunikannya. setiap orang memiliki corak yang berbeda. ketika kita hanya ingin bersama dengan orang-orang yang sepemahaman dengan kita maka pikiran kita tidak bisa terbuka terhadap hal-hal baru  karena kita hanya selalu melihat hal-hal yang sama dalam hidup ini

Ahmad: Betul

Saya : Dalam forum diskusi misalnya, Tidak semua orang yang terlibat didalamnya memiliki pola pikir yang sama tapi ketika mereka berdiskusi dengan pemahamn yang berbeda-beda maka lahir sebuah argumen dan pengetahuan yang baru

Ahmad : Iya juga yah, kenapa tidak terpikir oleh saya

Saya : Hanya sekedar saran ya dek, anggap saja saran dari seorang kakak untuk adiknya

Ahmad : Iya kak, terima kasih atas sarannya

Saya : Sama-sama, jadi tidak masalah lagi kan kalau satu kelompok lagi dengan Ayu pada pelajaran selanjutnya?

Ahmad : Iya kak tidak apa-apa

Saya : Alhamdulillah
…فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا (19
“…Karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (Qs. An-Nisaa’: 19)
…وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (216
“…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 216)

 "Kamu tidak akan pernah tau bagaimana indahnya bunga kaktus jika yang kamu lihat hanya durinya. Ingat, melihatlah dengan mata hatimu niscaya kau akan melihat hal-hal baik karena kau tidak mungkin ciptakan pelangi hanya dengan satu warna"-Umhy Calsum

0 comments:

Posting Komentar

♥ Please leave your comments, whatever you think! JazakiLLah_^ ♥