Kamis, 03 Mei 2012

Tips Sehat Berjilbab

 Kebanyakan pengguna jilbab mengeluh karena berbagai masalah rambut dan kulit kepala menyerangnya saat menggunakan jilbab, nah saya ingin berbagi tips dengan saudari-saudariku tentang Tips Sehat Berjilbab

yuk di simak aja....
    * Pilihlah jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. seperti katon atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar (Bukan jilbab transparan) agar memudahkan  sirkulasi udara di kepala. Udara yang minimalis dalam jilbab ternyata bisa merusak rambut.

    * Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk mmbuat kulit kepala lembab. jika sudah lembab, jamur dan bakteri pasti akan datang.

    * Jika hendak menggunakan jilbab, lebih baik mengurai rambut dan tidak mengingatnya terlalu kencang. untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan panjang rambut kita melebihi 60 cm. inilah kelebihan memakai jilbab yang lebar dan panajang; tetap aman walaupun rambut diurai namun masih tertutup.

    * Hindari warna gelap untuk jilbab jika banyak  beraktifitas dibawah sinar matahari karena warna gelap mudah menyerap matahari. lebih baik memilih warna lembut atau pilih warna putih saja.

    * Jangan biasakan mengikat jilbab dibagian leher (jilbab lilit) karena dengan menggunakan jilbab model seperti itu maka udara yang keluar masuk kerambut akan semakin sedikit sementara rambut sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus. Jilbab sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut mudah bernafas. Bukankah ini sudah disebutkan oleh Allah Swt dalam Al-qur'an yang menyuruh agar jilbab kita diulurkan sampai munutupi dada? Subhanallah, ternyata setiap perintahnya selalu ada hikma.

    * Jangan terlalu sering memakai dalaman jilbab yang berbentuk topi, bando, dan yang sejenisnya. selain menutupi rambut keseluruhan, hal ini mengakibatkan sirkulasi udara menjadi sedikit.

    * Jangan menutup rambut ketika masih basah. kebiasaan ini akan menjadikan kondisi rambut dan kulit kepala lembab, sehingga jamur Mallassezia akan segera datang dan berkembang biak.

    * Jika berada dirumah atau lingkungan yang aman (yang bebas dari yang bukan mahram), sebaiknya jilbab dibuka, rambut diurai agar rambut bisa leluasa bernafas.


Source: Buku "Makin Sehat dengan Berjilbab" oleh Mh. Hanun Siregar

0 comments:

Posting Komentar

♥ Please leave your comments, whatever you think! JazakiLLah_^ ♥